Tuesday, May 21, 2013

E-Com Pengurutan Array (sorting) PHP

Huuhuhu, saya menulis lagi :D
Kebetulan dapat tugas dari kampus tercinta UNIVERSITAS BENGKULU , prodi paling ajib dah TEKNIK INFORMATIKA ( yang udah banyak ngabisin waktu saya (3 tahun)), tapi begitu bermakna.

Sekarang ini saya ingin membahas tentang Sorting :D


Sorting

Nih saya ingin coba menjabarkan kepada teman semua tentang Pengurutan dengan array (array sorting).
Tapi disini pengurutan yang di maksud hanya untuk ascending saja dan descending saja. Sebelum itu kita harus tau dulu apa itu Ascending!


A. Ascending

Ascending adalah metoda pengurutan berdasarkan yang utama (kecil) hingga akhir(besar) ,
bisa berupa angka ataupun huruf.

Misal:

1. Untuk Huruf

    Jika ada sebuah array dengan variabel ( A,Z,Y), maka bila menggunakan metoda ascending array akan berubah urutan menjadi ==> (A,Y,Z).

Itu karna huruf Y lebih dahulu di bandingkan dengan Z.


2. Untuk Angka

    Jika ada sebuah array dengan variabel ( 9,1,6), maka bila menggunakan metoda ascending array akan berubah urutan menjadi ==> (1,6,9).

Itu karna angka 1 lebih kecil dibandingkan dengan angka 6 dan 9, dan 6 lebih kecil dari pada 9.

B. Descending

Setelah mengetahui Ascending, Saatnya kita mengetahui mengenai Descending !
Apa itu Descending?



Descending adalah metoda pengurutan berdasarkan yang akhir (besar) hingga awal(kecil) , bisa berupa angka ataupun huruf.

Misal:

1. Untuk Huruf

    Jika ada sebuah array dengan variabel ( A,Z,Y), maka bila menggunakan metoda ascending array akan berubah urutan menjadi ==> (Z,Y,A).

Itu karna huruf Z lebih akhir di bandingkan dengan A ataupun Y, dan Y lebih akhir dibanding A.


2. Untuk Angka

    Jika ada sebuah array dengan variabel ( 9,1,6), maka bila menggunakan metoda ascending array akan berubah urutan menjadi ==> (9,6,1).

Itu karna nilai 6 lebih besar di bandingkan dengan 1.

Sudahkah mengerti?
Jika belum coba pelajari lagi, bila sudah maka kita akan melangkah ke dalam tahap implementasi :D (dengan  PHP)

C. Implementasi

1. Ascending

Contoh Code yang bisa digunakan untuk ascending adalah :

<?php

$asdos = array ("G1A004047"=>"Yoza Saputra Utama", "G1A008037"=>"Edho Aqmal Hakim", "G1A009018"=>"Handrie Noprisson", "G1A009001"=>"Abdur Rahman");

asort ($asdos);

while (list ($val, $key) = each ($asdos)) {
    echo "$key , NPM : $val";
echo '<br>';
}

?>

Bagi yang sudah terbiasa dengan php pasti sudah mengerti apa fungsi dari halaman php di awali dengan "<?php" dan di akhiri dengan "?>". Tanda itu di gunakan untuk menandai (memulai/mendeklarasikan) sebuah barisan code sebagai php.

Setelah itu ada pula "$asdos = array("...."=>"....",'.............);"
Fungsi dari "$asdos", adalah untuk membuat sebuah variable dengan nama asdos. Sedangkan "array()" untuk menyatakan bahwa variable yang dimaksud berbentuk array dengan isian yang terdapat dalam tanda kurung tersebut. Sedangkan ""G1A004047"=>"Yoza Saputra Utama", ...." untuk membuat sebuah nilai dari array dengan key G1A004047 dan dengan variable isian Yoza Saputra Utama, dan juga tanda koma untuk memisahkan antar array.

Sekarang saatnya untuk sorting, caranya simple, cukup dengan code "asort" yang mana artinya dilakukanlah sebuah sorting dengan metoda ascending, yang mana yang menjadi objek adalah variable array asdos.

Jika sudah diurutkan tentu tinggal menampilkannya, tapi sebelum itu kita bisa menggunakan sebuah metoda while sebagiai perulangan untuk mencetak data satu per satu (sesuai data yang telah di urutkan). Sintak yang di gunakanpun sederhana "while (list ($val, $key) = each ($asdos)) { ...}" ,yang artinya perulangan dilakukan dengan cara list  berdasarkan variable(nilai ke1) dan key(nilai ke2) pada setiap array asdos, dan proses yang di ulang, yang berada pada kurung kurawal.
"echo "$key , NPM : $val";"
"echo '<br>';"
Fungsi echo pada php adalah untuk menampilkan, jadi disini akan ditampilkan variable key diikuti koma dan oupput NPM : dan di ikuti pula variable val(variable) , dan ditampilkan pula enter dengan menggunakan sintaks <br>.


2. Descending

Sama halnya dengan ascending, cukup di ubah sedikit sintaks sorting yang dibuat menjadi arsot, jadi sintaks yang ada seperti berikut ini :


<?php

$asdos = array ("G1A004047"=>"Yoza Saputra Utama", "G1A008037"=>"Edho Aqmal Hakim", "G1A009018"=>"Handrie Noprisson", "G1A009001"=>"Abdur Rahman");

asort ($asdos);

while (list ($val, $key) = each ($asdos)) {
    echo "$key , NPM : $val";
echo '<br>';
}

?>

D. Output 

Jika Sudah implementasi, kita tinggal mencoba menjalankannya, ("INGAT CODE DI ATAS DI KETIK,LALU DI SAVE DALAM FORMAT.PHP, SETELAH ITU SIMPAN DIDALAM "XAMPP/HTDOCS" agar, bisa langsung di eksekusi dengan menyertakan namanya. Misal nama file sort.php, maka ketikkan localhost/sort.php, untuk melihat output yang dihasilkan.
Output code diatas akan seperti ini :

1. Ascending

Abdur Rahman , NPM : G1A009001
Edho Aqmal Hakim , NPM : G1A008037
Handrie Noprisson , NPM : G1A009018
Yoza Saputra Utama , NPM : G1A004047

2. Descending

Yoza Saputra Utama , NPM : G1A004047
Handrie Noprisson , NPM : G1A009018
Edho Aqmal Hakim , NPM : G1A008037
Abdur Rahman , NPM : G1A009001

Keyword : Universitas Bengkulu Teknik Informatika Universitas Bengkuluphp

No comments:

Post a Comment